--> Skip to main content

Ini Cara Menghapus Komentar di Instagram Agar Lebih Aman

Cara Menghapus Komentar di Instagram -- Instagram baru-baru ini memiliki masalah dengan bullying online dan trolling. Jaringan sosial apa pun yang tidak mengikat Anda dengan nama asli seperti Facebook akan memiliki masalah semacam ini dalam ruang lingkuonya. Facebook juga, meskipun lebih mudah untuk mengatasi dalam beberapa hal. Baca juga: Cara Download Video dari IGTV Instagram.

cara menghapus komentar di instagram

Salah satu korban terbaru pelecehan Instagram adalah Daisy Ridley, bintang dari film Star Wars. Dia dilecehkan melalui pos kontrol senjata yang dibuatnya beberapa minggu yang lalu. Dia hanya yang terbaru dalam serangkaian panjang korban pelecehan profil di instagram yang akhirnya meninggalkan platform tersebut.

Instagram menyadari masalah ini dan, seminggu yang lalu, memutuskan untuk melakukan sesuatu. Daripada secara proaktif melarang troll atau menetapkan aturan anti-pelecehan, namun, jejaring sosial yang dimiliki Facebook telah menerapkan fitur kontrol komentar.

Cara Menghapus Komentar Para Haters di Instagram

Kemampuan untuk menghapus komentar atau posting sudah ada di Instagram untuk waktu yang lama. Jika Anda melihat pos yang tidak Anda buat, yang memiliki komentar yang Anda buat, Anda dapat menghapus komentar itu. Jika Anda melihat pos yang Anda buat, Anda dapat menghapus pos secara keseluruhan, atau komentar apa pun di pos, terlepas dari siapa yang membuat komentar.

Pelecehan seperti apa yang dihadapi Daisy bukan hanya sesuatu yang bisa Anda hapus dan bersihkan. Tentu, yang menyelamatkannya dari publik dan mendorong orang lain untuk melakukan dogpile, tetapi target pelecehan masih perlu membaca komentar untuk memutuskan apakah akan menghapusnya atau tidak. Banjir pesan dan komentar yang melecehkan dapat dengan mudah menyebar ke pos lain, dan hampir menjadi tugas waktu pengisian untuk terus menghapusnya. Baca juga: Cara Membuat Cover di Instagram Stories.

Kebetulan, untuk menghapus komentar di Instagram, Anda hanya perlu mengetuk komentar dan geser ke kiri di atasnya. Ini akan memunculkan pilihan untuk itu, salah satunya adalah ikon tempat sampah. Ketuk itu dan komentarnya hilang.

Jika saja ada cara yang lebih proaktif untuk menangani komentar yang melecehkan, bukan? Dan tidak, jangan berpikir bahwa hanya karena Anda menjalankan akun bisnis yang aman. Bisnis sering dilecehkan di semua media sosial, termasuk Instagram. Pers yang buruk, ulasan buruk, marah-marah; semua ada dalam komentar gratis untuk semua. Satu-satunya keuntungan yang Anda miliki sebagai pemilik bisnis adalah kemampuan untuk mempekerjakan seseorang untuk membersihkan komentar untuk Anda, tetapi bahkan kemudian, mereka masih ada untuk beberapa waktu, dan kadang-kadang bisa menjadi gelombang yang lebih besar daripada yang dapat ditangani oleh karyawan Anda.

Cara Mengaktifkan Komen Kontrol di Instagram

Ada dua pengaturan yang dapat Anda aktifkan dalam kontrol komentar; membatasi siapa yang diizinkan untuk berkomentar, dan memblokir pengguna tertentu agar tidak berkomentar.

Admin akan membahas pemblokiran pengguna terlebih dahulu, karena sebenarnya berbeda dari jenis pemblokiran yang sudah admin sebutkan di atas. Di atas, Anda memblokir akun pengguna yang sebenarnya agar tidak melihat akun Anda. Jika mereka mencoba, mereka akan disajikan dengan profil kosong yang memberi tahu mereka bahwa mereka telah diblokir, dan bahwa mereka tidak akan dapat melihat konten Anda.

Dengan blok kontrol komentar, pengguna masih dapat mengikuti akun Anda, dan mereka masih dapat melihat konten Anda. Mereka bahkan tidak dibatasi untuk membuat komentar di pos Anda. Sebaliknya, semuanya terlihat normal bagi mereka, tetapi tidak ada orang lain - termasuk Anda sendiri - akan dapat melihat komentar mereka. Dalam format lain, ini umumnya disebut dengan shadowbanned. Kepada pengguna, semuanya terlihat normal, tetapi tidak ada orang lain yang harus membaca sludge mereka sebagai komentar.

Untuk memblokir pengguna tertentu agar tidak berkomentar melalui bayangan, Anda perlu mengakses Instagram melalui aplikasi. Sayangnya, saat ini Anda tidak dapat melakukan perubahan ini menggunakan antarmuka web. Baca juga: Cara Membuat Stop Motion di Instagram Android.

Pertama, ketuk gambar profil Anda di sudut bawah layar. Ini akan memunculkan profil Anda, dengan semua opsi pengeditan profil terkait. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian pengaturan, atau ketuk tombol pengaturan jika Anda memilikinya. Ini tampaknya bervariasi berdasarkan perangkat atau versi aplikasi.

Di bawah pengaturan ada opsi Komentar. Ketuk dan akan membawa Anda ke kontrol komentar. Di bagian ini, Anda melihat beberapa opsi. Anda punya:
  • Izinkan Komentar Dari.
  • Blok Komentar Dari.
  • Sembunyikan Komentar yang Menyinggung.
  • Aktifkan Filter Kata Kunci.
Masing-masing opsi ini akan memberi Anda kendali atas apa yang dapat muncul dan diposting pada gambar Anda. Dua yang kedua sudah ada untuk sementara waktu, tetapi dua yang pertama masih baru.

Filter kata kunci memungkinkan Anda untuk memfilter kata kunci tertentu yang mungkin tidak diblokir oleh filter Instagram umum. Misalnya, Anda mungkin tidak ingin orang membahas pesaing Anda di halaman Anda, sehingga Anda dapat menambahkan nama pesaing Anda ke daftar. Orang tidak dapat mengirim komentar dengan kata kunci itu.

Menyembunyikan komentar yang menyinggung menggunakan kata dan daftar frasa Instagram yang difilter, seperti yang Anda duga. Ini cenderung penuh dengan penghinaan, pidato kebencian, istilah rasis, dan konten yang melecehkan lainnya. Instagram sebenarnya baru-baru ini memperluas daftar ini menjadi fungsional dalam lebih banyak bahasa, menambahkan dalam bahasa Arab, Prancis, Jerman, dan Portugis. Filter juga tumbuh dan belajar seiring waktu, sehingga bahasa baru dan istilah baru akan ditambahkan seiring waktu. Baca juga: Mengapa Highlight Instagram Tidak Muncul? Ini Jawabannya.

Untuk masalah asli dari apa yang kita bicarakan, meskipun, "memblokir komentar dari" fitur adalah bayangan Anda. Anda dapat melihat nomor di sebelahnya; ini adalah jumlah akun yang Anda bayangi.

Ketika Anda menekan opsi ini, Anda dibawa ke bidang pencarian, di mana Anda dapat memasukkan informasi nama pengguna yang Anda perlukan untuk menemukan pengguna yang ingin Anda bayang. Sayangnya, sejauh yang saya ketahui, tidak ada cara untuk membayangi seseorang langsung dari profil mereka. Anda perlu tahu nama mereka untuk mencari mereka. Ini masih reaktif; seseorang yang meninggalkan komentar negatif mendapatkan perhatian dan kemarahan Anda, jadi Anda mencatat nama mereka, lalu mencari untuk memblokir mereka.

Shadowban lebih efektif daripada blok sederhana, karena kebanyakan orang tidak akan berpikir untuk memeriksa apakah mereka telah dibutakan. Sebuah blok jelas pada saat mereka pergi untuk memeriksa akun Anda, bayangan tidak. Ini berarti pengguna kurang cenderung untuk menemukan bahwa mereka telah diblokir, dan akibatnya cenderung tidak mendaftarkan akun baru hanya untuk terus melecehkan Anda.

Cara Membatasi Komentar di Instagram

Jenis kontrol komentar yang terakhir membatasi siapa yang dapat berkomentar di akun Anda secara umum. Anda memiliki empat pengaturan dasarnya. Anda dapat melihat semuanya dari lokasi yang sama seperti di atas; masuk ke akun Anda, pengaturan Anda, dan pengaturan komentar Anda. Baca juga: Close Friends Instagram Tidak Muncul, Begini Solusinya.

Ketuk opsi atas, "Izinkan Komentar Dari." Berikut adalah empat opsi Anda:
  • Semua orang. Ini adalah pengaturan default untuk Instagram dan, umumnya, untuk sebagian besar jejaring sosial lainnya. Ini juga merupakan setelan yang paling Anda inginkan sebagai akun bisnis. Akun pribadi, yang tidak begitu terfokus pada kesadaran dan pertumbuhan, akan lebih mampu membatasi komentar ke grup teman mereka sebagai gantinya.
  • Orang yang Anda Ikuti dan Pengikut Anda. Pengaturan ini membutuhkan tindakan tindak lanjut atas nama satu orang untuk meninggalkan komentar pada posting Anda. Ini memungkinkan siapa pun yang Anda ikuti untuk mengomentari konten Anda, serta siapa saja yang mengikuti Anda. Anda dapat menggunakan ini bersama dengan melindungi akun Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki kontrol penuh atas siapa yang dapat mengomentari, meskipun saya tidak menyarankan itu.
  • Orang yang anda ikuti. Ini mungkin adalah pembatasan Instagram yang paling aneh memungkinkan. Ini membatasi komentar pada posting Anda hanya kepada orang-orang yang Anda ikuti. Orang-orang yang mengikuti Anda, tetapi yang tidak Anda ikuti, tidak dapat berkomentar. Mengapa ini sebuah pengaturan? Saya membayangkan itu ada sehingga Anda dapat menegakkan saling mengikuti; orang-orang mengikuti Anda dan Anda hanya mengikuti kembali yang ingin Anda gunakan untuk berinteraksi. Ini mungkin setelan terburuk mutlak untuk bisnis.
  • Pengikut Anda. Ini mungkin lebih masuk akal dari pengaturan terbatas, yang memungkinkan siapa saja yang mengikuti Anda untuk mengomentari konten Anda. Tidak masalah, kecuali itu membatasi komentar biasa dari orang-orang yang melihat konten Anda dalam hashtag dan ingin meninggalkan komentar. Saya tidak akan menggunakannya untuk bisnis, tetapi ini bagus sebagai awal untuk meminimalkan pelecehan secara berkelanjutan.
Pilih pengaturan yang sesuai dan ketuk untuk mengaktifkannya. Anda dapat mengubah ini kapan saja, berfungsi bersama dengan komentar blokir dari opsi, dan memberi tahu Anda berapa banyak orang dalam grup yang Anda cekal.

Sekian semua informasi mengenai cara menghapus komentar di Instagram. Semoga dapat bermanfaat kedepannya untuk Anda. Baca juga: Cara Membuat Ask Me Question di Instagram.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar