--> Skip to main content

10 Fitur MIUI 10 Yang Harus Anda Tahu

Fitur MIUI 10 -- Xiaomi baru saja meluncurkan versi terbaru ROM Android kustom populernya MIUI 10 dan menghadirkan banyak fitur baru. Admin telah menggunakan MIUI 10 sejak diluncurkan dan dapat mengatakan bahwa itu adalah Update MIUI terbesar Xiaomi dalam hal fitur, setidaknya dalam beberapa tahun terakhir. Baca juga: Cara Update MIUI 10 di Redmi 4A.

Daftar Fitur MIUI 10

Dalam artikel ini, admin akan berbagi dengan Anda fitur MIUI 10 terbaik yang admin temukan dalam MIUI 10. Jadi, jika Anda adalah penggemar Xiaomi dan ingin tahu apa yang telah ada di perusahaan untuk Anda, berikut adalah 10 fitur MIUI 10 terbaik yang harus Anda ketahui.

Fitur Terbaik MIUI 10 Yang Harus Anda Ketahui

Catatan: ini telah menguji ROM MIUI 10 China pada Mi Mix 2 dan Mi 6. Jika Anda ingin mencoba MIUI 10 beta pada perangkat Anda, Anda dapat melihat yang ada di internet mengenai cara update MIUI 10 di Xiaomi semua tipe. Update MIUI 10 kompatibel dengan perangkat seperti Mi Mix 2, Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 5, Redmi 5, Redmi Note 4 dan banyak lagi.

Gesture

Salah satu hal terbaru dan paling menarik yang datang di MIUI 10 adalah dukungan untuk gesture. Orang-orang yang akrab dengan MIUI ROM mungkin tahu bahwa Xiaomi merilis dukungan gesture dengan MIUI 9.5, namun, yang tidak pernah berhasil keluar dari China, sehingga tentu saja merupakan fitur baru untuk pengguna Indonesia. Yang paling admin sukai dari MIUI 10 adalah seberapa baik Xiaomi menerapkannya. Tidak seperti perangkat Android lainnya, di mana gerakannya terasa lebih seperti yang dipikirkan kembali, pada MIUI 10, gerakannya terasa cukup asli. Maksud admin, gerakannya halus dan tidak pernah merasa sedikit pun lag. Mempertimbangkan fakta bahwa MIUI 10 dalam beta awal sekarang, itu benar-benar terpuji.

Datang ke gerakan / gesture itu sendiri, tidak hanya Anda memiliki swipe standar untuk ke home dan geser ke atas dan tahan untuk mengakses isyarat Recent Menu, tetapi Anda juga mendapatkan sapuan yang terinspirasi iOS dari tepi kiri layar untuk kembali. Ada satu isyarat lagi saat Anda menggesek dari tepi kiri atau kanan layar dan tahan untuk kembali ke aplikasi sebelumnya, bukan kembali ke laman. Setelah menggunakan gestur pada MIUI 10, Anda tentu dapat mengatakan bahwa ini adalah implementasi gesture favorit pada ROM Android kustom apa pun.

Recent Menu Terbaru

Dengan MIUI 10, Xiaomi telah mengubah banyak elemen UI pada ROM dan semua perubahan UI yang dibuat Xiaomi, "Recent Menu" yang baru didesain ulang adalah favorit admin. Sekarang, ketika Anda menggesek ke atas dan tahan untuk mengakses Recent Menu, kartu aplikasi ditampilkan dalam pola ubin mosaik pada halaman gulir vertikal. Tidak hanya terlihat bagus, tetapi pola ubin mosaik juga membantu Anda melihat lebih banyak aplikasi sekaligus sehingga memungkinkan Anda beralih dengan mudah ke aplikasi yang Anda cari.

Keunggulan MIUI 10

Anda juga dapat menekan dan menahan kartu aplikasi untuk melakukan berbagai tindakan seperti mengunci di latar belakang, memasuki mode split screen, dan memeriksa info aplikasi. Sangat mudah untuk menghapus aplikasi dari Recent Menu Anda. Cukup colek kartu aplikasi ke kanan atau kiri dan mereka ditutup. Admin harus mengatakan bahwa penerapan Xiaomi dari menu Recent Apps adalah sejauh ini favorit admin di semua ponsel cerdas yang pernah admin gunakan dan admin ingin melihat ini di Android.

Slider Volume dan Bilah Notifikasi Mirip Android P

Selain mengambil inspirasi dari iOS, MIUI 10 juga mengambil inspirasi berat dari Android P. MIUI 10 benar-benar merombak bayangan notifikasi dan menu slider volume untuk membawa mereka lebih dekat ke Android P. Sekarang, bayangan pemberitahuan memiliki latar belakang putih tebal untuk Quick Settings Panel yang terlihat persis seperti yang ada di Android P. Di sisi lain, "Volume Menu" mungkin terlihat sedikit berbeda, namun, secara fungsional, itu hampir replika yang tepat dari yang ditemukan di Android P.

Pertama, menekan salah satu tombol volume mengubah volume media secara default. Anda juga mendapatkan tombol mute di bagian bawah bersama dengan menu tiga titik, mengetuk yang memberi Anda akses ke lebih banyak opsi termasuk kemampuan untuk menyesuaikan dering, media, dan volume alarm secara individual, Silent dan tombol DND, dan Count penghitung waktu mundur. Penghitung waktu mundur adalah fitur yang sangat berguna bagi orang yang lupa bahwa mereka telah meletakkan ponsel mereka baik dalam mode Diam atau DND, karena memungkinkan Anda untuk mengatur timer setelah mode tersebut secara otomatis akan kedaluwarsa.

Mode Picture-in-Picture

Mode PiP adalah fitur yang diperkenalkan dengan Android 8.0 Oreo, namun, untuk beberapa alasan, Xiaomi memutuskan untuk mengecualikan fitur ini dari Update MIUI 9. Untungnya, fitur ini akhirnya diperkenalkan dengan MIUI 10. Admin suka mode PIP di OnePlus 3 karena memungkinkan untuk melakukan banyak hal tanpa beralih sepenuhnya dari aplikasi yang sudah admin gunakan. Misalnya, Anda dapat dengan cepat membalas teks sambil tetap menonton video dalam mode PIP. Ini adalah salah satu fitur favorit di Android Oreo dan senang akhirnya ada di sini.

Support AutoFill

Fitur Android Oreo lain yang hilang dalam MIUI 9 adalah dukungan untuk AutoFill. Jika Anda pernah memiliki kesempatan menggunakan AutoFill di perangkat Android Anda, Anda tahu bahwa itu adalah fitur yang sangat membantu. Maksud admin, fitur ini memungkinkan Anda untuk masuk ke aplikasi tanpa harus mengingat kata sandi. Itu membuat segalanya lebih mudah dan admin senang bahwa pengguna MIUI akhirnya akan dapat menikmati fitur ini setelah mereka memperbarui ke MIUI 10.

Fitur AI

AI adalah kata kunci terbaru di dunia teknologi dan setiap produsen smartphone lainnya memperkenalkan beberapa jenis AI di perangkat mereka. Dengan MIUI 10, Xiaomi telah melakukan hal yang sama karena membawa satu ton fitur yang didukung AI bersama dengan asisten suara AI pribadinya sendiri. Pertama, ada fitur "AI preload" yang seharusnya mengurangi waktu pemuatan aplikasi ke nol dengan mempelajari perilaku Anda dan mengantisipasi tindakan Anda. Jika fitur berfungsi dengan baik, pada dasarnya akan memprediksi aplikasi mana yang akan Anda luncurkan dan pramuat untuk Anda sehingga aplikasi itu terbuka secara instan.

Lalu ada MIUI 10 “AI Portrait mode” yang akan menggunakan AI untuk mengambil gambar dengan efek bokeh bahkan dengan sensor kamera tunggal, sesuatu, Google sudah melakukannya dengan perangkat Pixel 2-nya. Akhirnya, ada asisten suara baru yang saat ini hanya berbicara dalam dialek Cina, jadi admin tidak tahu bagaimana performanya. Selain itu, melihat tren masa lalu Xiaomi, ada kemungkinan besar bahwa fitur asisten suara akan eksklusif untuk China.

Screen Recording Yang Ditingkatkan

MIUI adalah salah satu ROM pertama yang menyertakan alat bawaan untuk membantu Anda merekam layar perangkat Anda. Dengan MIUI 10, Xiaomi menjadikan alat ini lebih kuat dengan memungkinkannya merekam suara sistem yang benar-benar hebat jika Anda berbagi banyak rekaman layar dengan orang lain seperti yang kami lakukan. Ini sangat berguna bagi admin karena admin merekam banyak video permainan dan mendapatkan rekaman dengan suara yang luar biasa. Admin tidak tahu betapa bergunanya fitur ini untuk orang normal, tetapi ini tentunya merupakan tambahan yang bagus.

Manage Apps

MIUI 10 membawa halaman "Manage Apps" baru di dalam aplikasi Keamanan yang memungkinkan Anda, mengelola semua aplikasi Anda dengan baik. Anda dapat memeriksa pembaruan aplikasi, mencari tahu aplikasi ganda di ponsel Anda, memeriksa izin apa yang telah Anda berikan untuk aplikasi, dan menghapus aplikasi batch hanya dengan beberapa ketukan. Fitur ini tentu akan berguna bagi orang-orang yang penggemar aplikasi dan memasang banyak aplikasi baru untuk memeriksanya.

Quick Pay di Quick Ball

Jika Anda telah menggunakan MIUI di masa lalu Anda mungkin akrab dengan fitur Quick Ball yang merupakan bola perangkat lunak yang membantu Anda dengan cepat melakukan beberapa tindakan. Dengan MIUI 10, Quick Ball mendapatkan satu fitur menarik yaitu kemampuan membayar barang dengan cepat atau mengirim uang ke teman. Karena kami memiliki ROM China, kami hanya melihat opsi untuk menggunakan WeChat atau AliPay, namun, jika fitur ini dibuat untuk ROM Global, kami mungkin melihat opsi seperti pembayaran WhatsApp atau dukungan Paytm.

MIUI Lab

Pengguna MIUI 9 mungkin ingat bahwa tahun lalu Xiaomi memperkenalkan bagian baru di dalam aplikasi Pengaturan disebut "MIUI Lab" di mana perusahaan bermaksud untuk menguji fitur eksperimental. Meskipun kami tidak melihat banyak di dalam MIUI Labs ketika peluncurannya, MIUI 10 membawa banyak fitur eksperimental baru untuknya. Pertama, ada Taplus yang memungkinkan Anda menekan dan menahan item untuk memicu beberapa tindakan. Misalnya, Anda mungkin dapat mengetuk dan menahan gambar atau kata untuk mendapatkan definisi atau informasi tambahan. Ada juga fitur "Resolusi Super" baru yang menjanjikan untuk meningkatkan kualitas gambar menggunakan kecerdasan buatan.

Terakhir, ada mode Mobil baru yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan ponsel Anda hanya dengan menggunakan suara saat Anda mengemudi. Setelah berhasil diterapkan, fitur ini akan membantu Anda menavigasi, menjawab panggilan, memutar musik dan membaca serta membalas pesan, dengan menggunakan suara Anda. Ada satu lagi fitur yang disebut "Temukan foto di Galeri", namun, tampaknya melakukan hal-hal yang tidak lebih bersifat eksperimental.

Demikianlah penjabaran mengenai 10 Fitur Terbaru dari MIUI 10. Semoga saja Anda berhasil menikmati semuanya. Baca juga: Tips dan Trik Tersembunyi Xiaomi Mi 8 SE.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar